AJI Pekanbaru Inisiasi Pelatihan Pengajuan Informasi Publik

Training Pengajuan Permintaan Informasi Publik

Training Pengajuan Permintaan Informasi Publik

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru terus melakukanberbagai inisiasi peningkatan mutu dan kualitas para jurnalis. Setelah sebelumnya sukses mengelar pelatihan training  ”Advokat Berperspektif Pers” yang melibatkan para jurnalis dan advokat, AJI Pekanbaru bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia kembali mengelar training Pengajuan Permintaan Informasi Publik, Sabtu-Ahad (20-21/4) di Hotel Arwana Pekanbaru.

Training ini melibatkan perwakilan jurnalis, aktivis mahasiswa, dan aktivis perwakilan masyarakat sipil atau LSM.   ”Training ini melibatkan kelompok yang sedang dalam proses mengajukan permintaan informasi publik. Atau mereka yang memiliki rencana membuat permintaan tersebut dalam waktu dekat,” ujar Ketua AJI Pekanbaru, Ilham Muhammad Yasir, Jumat (19/4).

Dari training itu akan membantu memastikan peserta menindaklanjuti membuat permintaan informasi publik setelah pelatihan. Materi yang diberikan dirancang langsung untuk diaplikasikan.

Pada pelatihan tersebut peserta mendapat materi dari para guest speaker, yaitu dari AJI Indonesia dan komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Riau. Kemudian peserta dibimbing dari para trainer lokal, yaitu dari AJI Pekanbaru dan Fitra Riau.

Pelatihan itu merupakan tahap lanjutan hasil kerja sama Centre for Law and Democracy (CLD) dan AJI Indonesia. Dalam program ini, AJI Pekanbaru sebelumnya telah mengirimkan 2 perwakilannya mengikuti Training of Trainers (ToT) di Jakarta, Februari 2013 lalu.    ”Mereka yang telah mengikuti ToT untuk pelatih kemarin dilibatkan dalam proses follow up-nya,” kata Ilham.  Ada dua rencana kegiatan sebagai follow up, yaitu training lokal tentang permohonan informasi publik dan dukungan untuk pengajuan informasi kepada lembaga publik.

Training lokal itu menggunakan manual pelatihan yang diproduksi pada tahap pertama program ini dilaksanakan. Sementara itu, salah seorang trainer, Dina febriastuti menambahkan, sebanyak 15 perwakilan lembaga dari organisasi jurnalis, mahasiswa dan masyarakat sipil dilibatkan. ”Intinya bagaimana setelah pelatihan bisa memanfaatkan pengajuan informasi publik sepertimana diamanahkan UU Nomor 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik,” tambah Sekretaris AJI Pekanbaru itu.(rls)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s