HimaBio ingin Selamatkan Bumi

Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UR akan mengadakan Biology Science Festival pada 25-28 April. Kegiatan ini sudah dipersiapkansejak empat bulan lalu. Ia melibatkan siswa dan mahasiswa. Untuk siswa, ada lomba pesona biologi, replika virus, jawara biologi dan film dokumenter. Bagi mahasiswa dipersiapkan lomba poster penelitian, akustik, perkusi, ecobridge.

Pesona biologi adalah lomba cerdas cermat khusus praktikum dengan melakukan fenomena science. Di dalam replika virus para siswa diajak membuat virus dalam bentuk 3 dimensi. Lomba jawara biologi dilakukan para siswa berisi pertanyaan seputar biologi hingga tersisa 1 pemenang menjadi jawara. Film dokumenter, lomba membuat film bertema lingkungan yang sudah dipersiapkan para siswa sebelumnya.

Lomba poster penelitian bertujuan publikasi hasil penelitian. Lomba ini diutamakan untuk mahasiswa yang sudah melakukan penelitian. Di lomba akustik, para peserta harus menyanyikan lagu wajib Nusantara dari Kusplus dan satu lagu bebas. Lomba memainkan alat perkusi harus menggunakan alat dan bahan bekas.

“Tujuannya untuk memanfaatkan barang yang tidak terpakai,” ucap Dwi Adhari, penanggung jawab kegiatan. Sedangkan lomba miniatur ecobridge yakni lomba menggambar jembatan berterowongan yang berada diatas. Ia menghubungkan antar hutan yang berguna untuk menghindari konflik antar manusia dengan hewan. Lomba ini minim peserta.

“Mungkin karena kurang sosialisasi karena terlalu banyak kegiatan,” kata Dwi Adhari. Melalui kegiatan ini, ia berharap Prodi Biologi bisa tumbuh di antara kondisi bumi yang semakin parah. “Kalau bumi hancur mau kemana kita?” #Jeffri

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s