Batuk Berdarah, Kenapa Ya?

SEBELUMNYA saya mengucapkan terima kasih pada Bahana yang telah memfasilitasi. Dok, setiap kelelahan saya sering batuk dan terkadang mengeluarkan darah. Dada saya juga sering terasa sakit terkena angin malam. Kadang terasa sangat sesak seperti terhimpit beban berat. Mohon bantu keluhan saya ini. Terimakasih.

Nunung Syahmala
Sosiologi ‘011

Jawaban dr. Mona:
Nunung Syahmala,
Wah sepertinya keluhan Nunung ini sudah lama ya? Sayang Nunung tidak cerita berapa berat badan Nunung, bagaimana nafsu makan, apakah orang sekitar Nunung banyak sekali yang merokok atau jangan-jangan Nunung sendiri merokok. Kemudian apakah ada keluarga atau teman satu kamar (kalau Nunung ngekos) yang menderita keluhan sama?
Dari ceritanya sepertinya Nunung kena paru-paru basah atau nama ilmiahnya TBC. Eh tapi penegakan diagnosis TBC memang tidak semudah itu, harus ada bukti-bukti lain untuk memastikan apakah betul TBC (atau sekarang disingkat Tb) atau penyakit lain. Seperti rontgen, periksa darah rutin dan periksa dahak. Semua bisa dilakukan secara simultan jika Nunung ke poli penyakit dalam rumah sakit dan bukan ke dokter praktek pribadi.
Yang jelas jangan berlama-lama didiamkan penyakitnya Nung, nanti tambah sulit diobati. Dan yang payahnya kalau Nunung sudah menularkan ke orang-orang sekitar, maka yang paling baik diobati secara bersamaan. Sebab kalau tidak, akan ada mekanisme pingpong. Yang satu berobat, lalu ditulari lagi. Yang lain berobat, ditulari lagi. Kapan mau sembuh kalau begitu.
Kalau memang itu betul Tb, jangan berhenti minum obat sampai dinyatakan sembuh ya. Tb bisa sembuh total kok. Terimakasih Nunung. Semoga cepat sembuh.

dr. Mona Amelia, M.Biomed

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s