MoU Smart Card Mahasiswa UR

Oleh Aang AS

BERTEPATAN dengan Dies Natalis Universitas Riau (UR) ke-48, Sabtu (30/10), di aula gedung rektorat lantai empat, Bank Negara Indonesia (BNI) dan UR lakukan penandatanganan nota kesepakatan (MoU) pembentukan Smart Card RFID. Penandatanganan dilakukan Prof Ashaluddin Jalil, Rektor UR, dan Mulyono, Pemimpin Cabang BNI Pekanbaru.

Prof Ashaluddin Jalil, Rektor Unri dan Mulyono, Pimpinan Cabang BNI Pekanbaru

Menurut Mulyono, UR dan BNI sebelumnya telah bekerjasama sejak 9 Maret 2010 dalam hal penerimaan SPP mahasiswa melalui Student Payment Centre (SPC). Sejak itu, kata Mulyono, proses pembayaran SPP berjalan baik. “Sekitar 20.400 mahasiswa bisa malakukan pembayaran dalam waktu dua minggu di kantor-kantor BNI,” kata Mulyono.

Smart Card, lanjut Mulyono, adalah fasilitas turunan SPC untuk mempermudah seluruh aktivitas perbankan mahasiswa. Smart Card juga berguna untuk Kartu Tanda Mahasiswa (KTM). “Smart Card bisa mempermudah mahasiswa. Mereka bisa melakukan pembayaran lewat ATM dan internet banking,” kata Mulyono.

Mulyono juga menjelaskan soal teknologi Radio Frequency Identification (RFID) atau identifikasi frekuensi radio. RFID adalah metode identifikasi menggunakan sarana yang disebut label RFID, atau transporder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh. Telah banyak, kata Mulyono, universitas di Indonesia gunakan fasilitas smart card BNI. “Tapi untuk fasilitas RFID baru UR dan ITB,” kata Mulyono. “Semoga UR jadi tujuan percontohan kampus lain dalam hal Smart Card RFID.”

Menurut Ashaluddin Jalil, ini komitmen UR dalam membentuk kampus berbasis teknologi. “Ke depan kita maunya satu kartu mahasiswa, jadi identitas mereka untuk akses di kampus. Mau ke pustaka, rumah sakit, atau mengurus apapun gunakan satu kartu itu,” kata Rektor UR itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s