P3 Agroteknologi

Oleh Aang AS

SABTU (02/10), Fakultas Perta­nian (Faperta) Jurusan Agrotek­nologi taja seminar Program Pengenalan Pertanian (P3). Pukul 16.00 Armaini, Ketua Jurusan Agroteknologi membuka acara. Ia juga jadi pemateri dalam seminar. Program khusus mahasiswa baru ini dihadiri sekitar 150 orang dari 170 mahasiswa baru.

Tujuan P3 untuk mengenalkan seluk-beluk ilmu pertanian ke mahasiswa baru jurusan Agroteknologi. “Supaya mereka cinta pertanian,” ujar Yunandra, Direktur P3. Selain itu, untuk memanfaatkan lahan yang ada. Setiap minggu sore mahasiswa yang terlibat mengunjungi lahan. Mereka, sekitar 235 mahasiswa Agrotek­nologi, diberi jatah lahan 20×20 meter, lalu diolah sendiri. “Ini tidak mengganggu kuliah. Sambil praktikum bisa tinjau lahan,” lanjut Yunandra. Kendala utama mereka, peralatan minim. “Dana juga,” sambung Armaini.

Armaini menjelaskan, sebe­lumnya program sejenis sudah per­nah ada. “Namun tak terkoordinir dengan baik, jadi tak jalan.” Ke depannya, Armaini berjanji akan membantu P3. “Kalau butuh dosen pembimbing akan kita carikan.” Lagi pula, sambungnya, program ini penting untuk melatih kompetensi mahasiswa sebagai pelaku di bidang pertanian. “Bisa juga untuk berwirausaha.”

Juli 2010. Rafi Merbamas, dan beberapa mahasiswa Agroteknologi berencana bikin sebuah program yang bisa melatih softskill mahasiswa soal pertanian. Ini mereka bicarakan dengan Pembantu Dekan III, Ahmad Rifai. Ahmad sambut positif.

Mereka buat proposal. Program mereka beri nama Program Penge­nalan Pertanian (P3). Sistemnya seperti perusahaan, langsung di bawah jurusan. Ada komisaris utama, direktur, manajer, asisten manajer, dan petani pemula. “Petani pemula itu mahasiswa baru,” kata Rafi.

Setelah proposal jadi, mereka bawa ke Ketua Jurusan Agro­teknologi. “Sementara ini di bawah Agrotek dulu. Untuk jangka panjang kita akan buat tingkat fakultas,” ujar Rafi. Sekarang, kegiatan mereka menanam bayam dan kangkung. Setelah panen akan dipasarkan. “Kalau sudah sukses, kita akan bikin pupuk kompos produk Faperta UR,” tutup Rafi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s