Hanya Persoalan Nama

TAHUN ajaran mahasiswa baru 2013/2014 akan dimulai pertengahan tahun ini. Jalur masuk perguruan tinggi pun akan dibuka. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, dinyatakan bahwa sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.

Sedangkan dari hasil pertemuan Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menetapkan seleksi secara nasional menjadi tanggung jawab pemerintah, sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia dan Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.

Namun, apa maksud dari peraturan-peraturan tersebut? Apakah ada hubungannya dengan kabar yang beredar di tengah masyarakat mengenai penghapusan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tertulis untuk jalur penerimaan mahasiswa tahun 2013?

Aras Mulyadi

Aras Mulyadi

Prof Dr Ir ArasMulyadi, DEA, Pembantu Rektor (PR) 1 Universitas Riau, penanggung jawab bidang akademis Universitas membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Tiga jalur pelaksanaan penerimaan mahasiswa perguruan tinggi negeri tahun 2013 secara sistem sama saja dari tahun yang lalu. Hanya berubah nama.

Di Universitas Riau (UR) ada tiga jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pertama Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kedua Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan terakhir Ujian Mandiri.

Berikut petikan bincang-bincang antara Ikhsan Budi Setiawan dan Zikri Aidilla Syarli kru magang Bahana, bersama Aras Mulyadi terkait jalur masuk di UR.

Apa saja jalur masuk seleksi di UR?

Jalur masuk PTN yang dipresentasikan di UR ada tiga jalur. Pertama SNMPTN, menggunakan nilai peningkatan prestasi akademik siswa dari kelas satu sampai kelas tiga dan prestasi akademik lainnya. Nantinya juga diintegrasikan dengan nilai Ujian Nasional (UN). SNMPTN ini tidak dipungut biaya pada peserta, itu dibayar oleh pemerintah.

Kedua SBMPTN, seleksinya menggunakan hasil dari ujian tertulis secara nasional. Dilaksanakan oleh Majelis Rektor Seluruh Indonesia diserahkan kepada panitia, yaitu seluruh PTN di Indonesia.

Ketiga Ujian Mandiri, proses seleksi yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi dengan pola masing-masing. Ada PBUD ataupun ujian lokal.

Apa dampak dari perubahan jalur masuk SBMPTN tahun 2013?

Kalau dari perubahan secara prinsip tidak ada dampak apa-apa. Tetap saja ada ujian tertulis untuk masuk ke PTN lainnya. Hanya nama saja yang berubah. Ini berdasarkan putusan dari majelis Rektor PTN seluruh Indonesia bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan.

Yang berbeda itu pada SNMPTN. Karena tidak ada pungutan biaya pendaftaran ikuti tes dari perguruan tinggi atau panitia penyelenggara ujian. Seluruhnya ditanggung pemerintah. Ini jadi peluang besar bagi peserta seleksi.

Apa tujuan diubahnya sistem penerimaan mahasiswa baru pada 2013 ini?

Demi meningkatkan partisipasi dari para anak bangsa yang ingin melanjutkan pendidikan di PTN. Sekarang seluruh biaya peserta seleksi nasional SNMPTN ditanggung oleh Negara. Sesuai dengan Undang-Undang Pendidikan tentang biaya pendidikan ditanggung oleh Negara.

Selain itu, tidak ada lagi pembatasan pendaftaran bagi peserta. Jika dulu diberi kuota bahwa sekolah yang akselerasi, seluruh siswanya boleh ikut semua, sedangkan sekolah berakreditasi A 75 persen. Untuk sekolah berkareditasi B dan C masing-masing miliki kuota 50 dan 30 persen. Tapi sekarang semuanya boleh ikut seleksi.

Untuk SBMPTN, seluruh PTN akan berikan daya tampung sebesar 50 persen. Jadi besar peluang para peserta untuk lulus. Tapi tetap sesuai aturan. Dimana seleksi ini bertujuan untuk menjaring kualitas-kualitas terbaik di Indonesia.

Bagaimana tahap pendaftaran SNMPTN?

Pertama, sekolah mendaftarkan diri dalam sistem pengolahan Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Lalu sekolah merekomendasikan siswa-siswa yang ikuti SNMPTN. Menginput data siswa dan nilai rapor dari kelas X hingga XII.

Setelah itu PDSS akan memberikan PIN dari siswa yang terdaftar ikuti SNMPTN melalui kepala sekolah. Dengan password ini siswa dapat melakukan pendaftaran. Setelah itu siswa mendaftar ke panitia SNMPTN dan mengisi formulir yang telah disediakan.

Untuk memilih PTN, ada ketentuannya. Jika dipilih dua PTN, maka salah satu PTN harus dari provinsi tempat asal sekolah siswa. Tapi jika hanya memilih satu, maka bebas seluruh Indonesia. Kecuali untuk Sulawesi Barat, ia dapat memilih PTN terdekat. Hal itu untuk pemerataan dan adanya sinkronisasi anatara SMA dengan PTN di daerah tersebut.

Untuk program studi, di satu PTN siswa boleh memilih dua. Jika memilih dua PTN, berarti bisa empat program studi. Pemilihan pun harus berdasarkan skala prioritas. Jika pilihan pertama UR dan kedua Unand, maka prioritas utama adalah UR.

Bagaimana dengan sosialisasi jalur penerimaan ini ke sekolah-sekolah?

Kita sudah mensosialisasikannya secara langsung dengan mengundang seluruh kepala sekolah di Propinsi Riau dan Kepulauan Riau. Melalui Dinas Pendidikan kabupaten pun telah kita lakukan hal yang sama.

Selain itu, panitia penerimaan mahasiswa baru juga telah menyebarkan selebaran informasi terkait melalui pengumuman dan media. Kalau pun sekolah masih bingung, bisa menanyakan langsung ke PTN terdekat.

Apa harapan anda dari perubahan sistem penerimaan mahasiswa baru ini?

Harapannya banyak sekolah yang berpartisipasi dalam seleksi SNMPTN ini. Sekolah harus ingat untuk mendaftar ke PDSS. Selain itu saya juga berharap pihak sekolah memverifikasi dengan baik nilai dari siswa, sehingga tak ada yang dirugikan.

Untuk siswa yang ikuti tes, mohon dipertimbangkan kembali pilihan program studi dengan nilai yang diperoleh. Jika nilai dan pilihannya sesuai tentu peluang untuk lulus semakin besar.

Untuk SBMPTN, yah itu tergantung individu. Intinya persiapkan diri dengan baik untuk ikuti ujian. Karena persaingan akan semakin ketat.#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s