Kenapa Hari Minggu Libur?

kalender

TIAP bangsa punya tradisi libur berbeda. Bangsa Arab menganggap Jumat sebagai hari libur untuk beribadah. BangsaYahudi menganggap Sabtu sebagai hari ibadah, mereka pun libur. Lalu bagaimana dengan hari Minggu, hari libur di Indonesia dan mayoritas negara di dunia?

Sejarahnya, tradisi libur di hari Minggu berasal dari tradisi Romawi Kuno di Italia. Pada saat itu orang Romawi Kuno beribadah di hari Minggu maka hari itu seluruhnya libur. Kebiasaan orang Romawi adalah menandai hari libur dan hari penting dengan warna merah.

Waktu itu Romawi menguasai banyak negara Eropa. Kekuasaan Romawi sampai Belanda, Inggris, Prancis, Jerman dan lainnya. Tradisi libur di hari Minggu diterapkan di wilayah jajahan Romawi. Termasuk Belanda yang kemudian menjajah Indonesia. Dan tradisi libur pada hari Minggu pun diterapkan.

Sampai sekarang, tradisi libur di hari Minggu masih dipakai di Indonesia dan seluruh dunia. Alasan pemerintah Indonesia menjadikan Minggu sebagai libur nasional karena diperlukan istirahat setelah enam hari bekerja. Dan sampai sekarang, kalender Indonesia dan dunia juga mewarnai hari libur lainnya dengan warna merah. #Trinata

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s