Alfred, DIM3NSI dan Musik

Oleh Hamzah dan Noreza Masri

BERSATU bersama dalam setiap masalah
Fakultas Pertanian angkatkanku me-langkah
Bercita-cita menjadi petani berdasi Maju bersama Faperta Unri…

Bait lagu tersebut dibuat Alfred tiga bulan setelah kuliah di Jurusan Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Riau. Lagu Maju Bersama Faperta UR dinyanyikan Alfred dengan gaya hip-hop, perpaduan antara rap sederhana dan irama disko. Diciptakan melalui drum electronic dan synthesizer.
Alfred sudah tekuni musik sejak di bangku SMP. Ketertarikan pada hip-hop berawal dari kegemarannya dengan lagu-lagu grup musik Linkin Park dan Limp Bizkit asal Amerika Serikat. Keduanya beraliran rapcore rock (nu metal) dan rock alternatif. “Dari sana terinspirasi buat lagu beraliran hip-hop,” katanya.
Guna asah kemampuan dan kreativitas, Alfred bergabung dengan komunitas Hiphop Community Pekanbaru. Akhir November lalu ia wakili Riau pada pertandingan rap nasional di Bandung. “Tidak masuk lima besar, tapi bangga wakili Riau,” ujarnya.

Alfred Klinton Manurung

Alfred Klinton Manurung

Alfred Klinton Manurung  kelahiran Pematang Siantar, Sumatera Utara 19 Agustus 1993. Anak ketiga dari empat bersaudara. Sekolah ditempuh di Siantar. Meski sudah tekuni musik sejak SMP, “Di SMA saya baru mengerti hubungan antara hip-hop dan rap,” katanya.
Tak gampang bagi Alfred ciptakan lagu Maju Bersama Faperta UR. Kendala utama karena aliran hip-hop. “Bukan sekedar berkata-kata cepat tapi perlu teknik bermusik juga,” jelasnya.
Alfred sempat sharing dengan temannya di Siantar soal kendalanya. Akhirnya lagu Maju Bersama Faperta UR dirilis dalam format MP3 oleh Wenz Creation Musik. Vokalnya Alfred, musiknya kerjasama dengan Awenz, seniornya. Awenz pendiri Wenz Creation Musik. Ia ajarkan Alfred mengenal berbagai unsur aliran hip-hop, flow rap, buat beat, hingga mengasah karakter suara.
Alfred sudah menciptakan 13 lagu hip-hop, dua di antaranya saat duduk di bangku kuliah. Maju Bersama Faperta UR dan UR Ku Nomor Satu.
Awal Juli 2012 lalu, Alfred bersama tiga temannya, Fabo, Ibnu dan Temon bikin komunitas Siantar HipHop Soul (SHS) di Pematang Siantar Sumatera Utara. Alfred jadi leader.
Single pertama SHS berjudul Anthem. Kini lagu tersebut sedang booming di radio-radio lokal Siantar. “Semoga tahun ini saya bisa buat video klip yang bertema Faperta UR dan bisa mengembangkan musik hip-hop di Pekanbaru,” harapnya.

DUA tahun lalu, tepatnya 12 Januari 2010. SMAN 1 Curup Bengkulu gelar Festival dan Konser Nasyid se-Sumatera, Serenada VIII. Ia diikuti 23 grup nasyid putera se-Sumatera dan 15 grup putri tingkat kabupaten. Thola’albadru lagu wajib yang harus dinyanyikan peserta. Selain itu, tiap peserta juga wajib menyanyikan satu lagu pilihan.
Grup nasyid DIM3NSI asal SMAN 1 Dumai salah satu peserta Serenada VIII. Maulana, Haza, Hentio, Osta, Azhar, Angga, William dan Awal tampil bawakan lagu Tho-la’albadru dan Bertemu Indah sebagai lagu pilihan.
William katakan saat itu DIM3NSI berhasil meraih juara pertama. “Kami tak menyangka soalnya tim lain juga hebat. Mereka pakai rebana sedangkan kami hanya acapella,” katanya mengenang peristiwa dua tahun lalu.

Grup DIM3NSI Nasyid

Grup DIM3NSI Nasyid

Hingga kini grup musik DIM3NSI masih eksis. Bedanya mereka tinggal 4 orang. Maulana Zusma (leader) sebagai pecahan nada beatbox dan Bariton, Azhar Saputra vokal, Awal Fitra vokal dua dan tiga serta William Sandra falseto. Mereka berempat sedang menempuh pendidikan di FISIP Universitas Riau. Maulana Jurusan Ilmu Pemerintahan, Awal Jurusan Hubungan Internasional, Azhar Jurusan Ilmu Komunikasi serta William Jurusan Administrasi Negara.
Keempat teman lain Angga, Hentio, Haza dan Osta memilih keluar dari grup  DIM3NSI. Angga dan Hentio tak lagi menetap di Riau sedangkan Haza dan Osta memilih fokus kuliah.
DIM3NSI terbentuk pada 3 Juni 2009 di SMAN 1 Dumai. Ini merupakan generasi ketiga. Generasi pertama bernama Nasyid Dimensi 1 didirikan pada 2007. Kemudian Nasyid Dimensi 2 pada 2008. Barulah setahun kemudian lahir generasi Dimensi ketiga dengan nama DIM3NSI. Dimensi berarti Dakwah Islam Menuju Surga Ilahi.
DIM3NSI sempat vakum. Azhar anggota DIM3NSI katakan karena jenuh, tak ada yang memberi support, latihan dan manggung. Namun setelah seluruh anggota bertemu kembali dengan Yedo Kurniawan, pembina nasyid di SMAN 1 Dumai, mereka aktif kembali. Yedo bersedia melatih mereka di Pekanbaru hingga kini.
“Saya bukan pendakwah, tapi karena nasyid  ini seni jadi saya lanjutkan. Seni bisa menjadi dakwah,” ujar Maulana. Maulana Zusma jadi leader DIM3NSI sejak generasi pertama. “Berkat komitmen dan tekad kuat saya bisa bertahan di sini,” katanya.
Bagi William, anggota DIM3NSI, kendala utama grup ini ada pada penentuan waktu latihan. “Susah kalau tak sehati, setiap mau latihan ada saja halangannya,” katanya. William sempat berkeinginan untuk keluar dari DIM3NSI karena sibuk kuliah. Untung ia masih punya komitmen dan tekad kuat seperti yang dimiliki Maulana. “Di sini ada persaudaraan, senang juga bisa menghibur orang,” ujarnya.
Grup nasyid DIM3NSI kini sudah punya lagu sendiri. Judulnya Bertemu Indah.

MUSIK merupakan gelombang suara yang disusun membentuk irama dan lagu harmonis. Ia bisa dihasilkan dari instrumen gitar, gendang, seruling dan lainnya. Bisa juga secara acapella, musik yang dihasilkan dari mulut tanpa alat musik. Ada bermacam aliran atau genre musik. Klasik, jazz, blues, rock, metal, ska, reggae atau country.
Nasyid juga salah satu aliran musik. Dalam bahasa Arab, nasyid berarti senandung. Dari Wikipedia, nasyid merupakan seni suara berupa nyanyian bercorak Islami. Mengandung nasihat, kisah nabi serta pujian kepada Allah. Nasyid biasa dinyanyikan secara acapella atau diiringi alat musik perkusi seperti gendang.
Aliran lainnya adalah hip-hop. Genre musik yang dipopulerkan masyarakat afro-amerika ini berkembang tahun 1970-an. Ciri khas hip-hop yakni adanya perpaduan antara rapping (teknik vokal berkata-kata dengan cepat), DJ (Disk Jokey, seseorang yang pandai memadukan rekaman musik), breakdance (gerakan tarian khas hip-hop), graffiti (coretan gambar atau kata-kata pada dinding) hingga yang kini sedang berkembang beatboxing (menghasilkan suara instrumen musik dengan gunakan mulut atau rongga pengucapan).
Grup DIM3NSI serta Alfred Klinton Manurung sudah menghasillkan musik dengan genre berbeda. DIM3NSI dengan nasyid, Alfred dengan aliran hip-hop. Namun mereka sama-sama mempelajari musik yang diminati sejak di bangku SMA.#

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s